SEL.03.2-T4-7 Koneksi Antar Materi - Pemanfaatan Perangkat Digital Rafi Mariska - Kimia dan Pendidikan
News Update
Loading...

Monday 25 March 2024

SEL.03.2-T4-7 Koneksi Antar Materi - Pemanfaatan Perangkat Digital Rafi Mariska

Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dan Perangkat Digital pada Materi Warisan Budaya Indonesia (Topik A Seperti Apakah Budaya Di Daerahku?) di Kelas V SDN 8 Banda Aceh

Teknologi digital merupakan teknologi dengan menggunakan sistem operasi komputerisasi. Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran dapat diartikan sebagai sistem pemrosesan digital yang mendorong pembelajaran aktif, konstruksi pengetahuan, inquiri, dan eksplorasi pada diri peserta didik, serta memungkinkan untuk komunikasi jarak jauh dan berbagi informasi antara guru dan peserta didik di lokasi kelas fisik yang berbeda.

Dalam mengelola pembelajaran guru diharapkan dapat memperhatikan karakteristik peserta didik zaman sekarang yaitu generasi pasca-milenium atau generasi Z. Mereka merupakan makhluk sosial yang berinteraksi di dunia nyata dan dunia maya. Mereka merupakan individu yang kehidupannya tidak bisa lepas dari teknologi digital seperti internet, web,  smartphone,  laptop  dan media digital lainya. Sebagai generasi yang tidak bisa hidup tanpa keberadaan teknologi, proses pembelajaran harus dapat diintegrasikan kedalam teknologi digital.

Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan teknologi dan perangkat digital yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu:

a.   Penggunaan media pembelajaran seperti video, kahoot, quizizz, gambar, dan audio untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

b.   Penggunaan platform online seperti Google Classroom, Zoom, dan Microsoft Teams untuk melakukan kelas daring.

c.    Penggunaan perangkat mobile seperti smartphone, tablet untuk meningkatkan akses peserta didik terhadap materi pelajaran.

Pemanfaatan teknologi dan perangkat digital pada pelajaran IPAS khususnya pada materi Warisan Budaya Indonesia (Topik A Seperti Apakah Budaya Di Daerahku?) di Kelas V yaitu teknologi berbasis audio-visual (video) dan media teki-teki silang (TTS) menggunakan wordwall. Video ini dirasa sangat sesuai dan cocok diaplikasikan pada materi ini, karena video berjudul “Daftar warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO” pada link https://www.youtube.com/watch?v=6nYv_eMbO6Q&t=121s sangat mengunggah rasa penasaran peserta didik dan rasa ingin tau mereka tentang warisan budaya Indonesia. Sedangkan penggunaan media wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti teka-teki silang (TTS), kuis, menjodohkan, anagram, acak kata dan sebagainya. Pembelajaran pada materi warisan budaya Indonesia juga dilengkapi dengan materi guru yang telah disusun dalam powerpoint presentasi (PPT) untuk memperdalam pemahaman peserta didik dan memantik peserta didik untuk menggali lebih banyak pengetahun melalui berbagai bahan bacaan.  Selain itu, Penggunaan media wordwall untuk membuat teka-teki silang yang didukung oleh media proyektor sangat menarik peserta didik dan dapat melatih peserta didik untuk berani tampil aktif di depan kelas. Selain itu, media wordwall juga mampu melatih mereka untuk dapat mempresentasikan hasil tugasnya di depan kelas dengan baik. Hasil amatan guru model bersama dengan guru pamong dan mahasiswa PPL menyimpulkan bahwa media wordwall dapat menciptakan suasana belajar yang menyenakan untuk pesera didik, tidak membosankan, meningkatkan pemahaman keterampilan peserta didik terhadap teknologi yang mutakhir.

Share with your friends

Give us your opinion

Bijaklah dalam Memberikan Komentar !

Notifikasi
Belum ada notififikasi terbaru.
Done