Ini Media pembelajaran interaktif Kimia - Kimia dan Pendidikan
News Update
Loading...

Thursday 4 January 2018

Ini Media pembelajaran interaktif Kimia

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Kimia


         Media pembelajaran adalah suatu alat atau bahan yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Media terbagi kepada 3 golongan, yaitu media visual (media yang tampak, seperti gambar), media audio (media yang hanya dapat didengar oleh peserta didik, misalnya radio, tape) dan media audiovisual (media gabungan dari gambar yang disertai dengan suaranya, seperti contoh televisi).

          Nah, kali ini bagi mahasiswa (i) pendidikan kimia yang sedang mengambil mata kuliah SBM (Strategi Belajar Mangajar) atau pun bagi mahasiswa akhir yang sedang mengambil mata pelajaran Micro Teaching, ada beberapa media pembelajaran kimia yang dapat digunakan oleh mahasiswa maupun peserta didik pada materi kimia.

1. Materi Asam Basa

           Materi asam basa merupakan materi yang sifatnya tidak abstraks kecuali pada mekanisme reaksinya, nah daripada repot-repot melakukan praktikum maka sebaiknya gunakan media animasi simulasi berbasis pHet. Keunggulan menggunakan media pHet ini diantaranya ialah tampilan dilengkapi dengan molekul, reaksi yang terjadi, indikator lakmus, indikator pH, dan indikator lampu. Pada bagian solution (larutan) dilengkapi dengan air (sebagai netral), asam kuat, asam lemah, basa kuat dan basa lemah.

Untuk mendownload media pHet ini silahkan download langsung di https://phet.colorado.edu/en/simulation/acid-base-solutions



2. Materi Sifat Koligatif Larutan

               Media pembelajaran interaktif yang cocok dengan materi ini selain pHet adalah macromedia flash (MF), MF memiliki beberapa keunggulan diantaranya desain grafis yang menarik, adanya animasi, materinya akan terasa lebih mudah dimengerti karena adanya visualisasi langsung sehingga peserta didik tidak hanya mendengarkan atau pun membayangkan, tetapi dapat melihatnya langsung. Materi SKL ini memang lebih cocok menggunakan MF agar proses pembelajaran tidak menoton dan membosankan.

klik link untuk mendownload di sini.


Desain animasi pada Macromedia Flash materi Sifat Koligatif Larutan

3.  Sistem Periodik Unsur

              Sistem Periodik Unsur (SPU) merupakan materi kelas X, di mana di dalam materi ini siswa diharuskan untuk mengerti sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, golongan, periode dan sebagainya. Media yang cocok dengan pembelajaran ini yaitu berbasis microsoft excel (xls). Pada materi SPU ini tidak menggunakan animasi, jadi sangat cocok menggunakan excel. 
Klik link ini untuk mendownload atau di http://www.mrbigler.com/documents/Periodic-Table.xls.




4. Asam Basa Lanjut

      Media ini sangat cocok untuk mengukur pH dan indikator asam basa menggunakan microsoft excel (xls). Untuk mendownload file berformat excel ini klik [format .Xls link ini].





5. Kesetimbangan Kimia

                  Materi kesetimbangan kimia merupakan materi yang lebih mudah dimengerti dengan menggunakan media interaktif berupa macromedia flash. Untuk mendownload filenya klik link merah ini.
Materi Kesetimbangan Kimia lengkap klik [Link file SWF] 
efek ion senama dan meramalkan terbentuk endapan, klik link ini

 6. Sistem Koloid

           Sistem koloid merupakan materi yang tergolong lebih mudah dipahami, media interaktif yang cocok dengan materi ini diantaranya media powerpoint (ppt) dan macromedia flash karena terdapat animasi di setiap sifat koloid tersebut. Untuk mendownload klik link merah di bawah ini.


Media sistem koloid berbentuk ppt dilengkapi dengan animasi, klik link ini untuk [file PPT].
Materi sistem koloid.swf klik link merah untuk [File SWF]

Share with your friends

Give us your opinion

Bijaklah dalam Memberikan Komentar !

Notifikasi
Belum ada notififikasi terbaru.
Done