Fakta Unik Ternyata Logam Galium yang mampu meleleh di tangan - Kimia dan Pendidikan
News Update
Loading...

Monday 23 October 2017

Fakta Unik Ternyata Logam Galium yang mampu meleleh di tangan

Galium, Logam unik yang mampu meleleh di tangan

Logam Galium

   Gallium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ga dan nomor atom 31. Sebuah logam miskin yang jarang, dan lembut, gallium merupakan benda padat yang mudah melebur pada suhu rendah namun mencair lebih lambat di atas suhu kamar dan memang akan melebur di tangan. Terbentuk dalam jumlah sedikit dalam bauksit dan bijih seng. Penerapan pentingnya ialah dalam senyawa galium arsenida, digunakan sebagai semikonduktor, terutama dalam diode pemancar cahaya.
        Galium memiliki sifat unik yaitu dapat melebur pada suhu 29,78 C, oleh karena itu, gallium akan sangat mudah meleleh di tangan kosong. Inilah yang membuat logam galium menjadi unik. Galium cair jika dikenakan pada permukaan porselin dan kaca akan membentuk lapisan terang sangat reflektif yang bisa digunakan membuat cermin. Galium mudah berpadu dengan sebagian besar logam sehingga digunakan untuk membentuk paduan dengan titik leleh rendah.

Untuk lebih jelasnya mengenai keunikan logam gallium, berikut kami lampirkan beberapa video mengenai reaksi logam galium di tangan.

Share with your friends

Give us your opinion

Bijaklah dalam Memberikan Komentar !

Notifikasi
Belum ada notififikasi terbaru.
Done