Review Jurnal Biokim tentang Uji Kandungan Sakarida - Kimia dan Pendidikan
News Update
Loading...

Friday 20 October 2017

Review Jurnal Biokim tentang Uji Kandungan Sakarida

Review Jurnal Biokim tentang Uji Kandungan Sakarida

Analisis Kualitatif Kandungan Sakarida dalam Tepung dan Pati Umbi Ganyong (Canna edulis Ker.)
Pengarang : Aprilia Kusbandari
Reviewer : Rafi Mariska

Standar sakarida dan sampel

Review [Download File PPT]

     Umbi ganyong (Canna edulis Ker.) merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat. Umbi ini juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral selain itu juga mengandung fosfor, besi dan kalsium yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kandungan gula yang terdapat dalam tepung dan pati umbi ganyong baik yang sudah mengalami hidrolisis maupun yang belum dihidrolisis. Metode yang digunakan untuk uji ini berupa uji tabung dan kromatografi lapis tipis (KLT).

       Pembuatan pati pada peremasan bertujuan untuk menyempurnakan kerusakaan jaringan dan dengan adanya tekanan dan penambahan air pada hasil parutan maka pati akan keluar. Proses ekstraksi dilakukan untuk mengambil senyawa sakarida yang akan diteliti. Pelarut yang digunakan adalah air panas. Pemberian air panas ini bertujuan untuk melarutkan kandungan gula dalam sampel karena sifat gula yang polar larut dalam air. Pada uji Barfoed, yang terdeteksi monosakarida membentuk endapan merah bata karena terbentuk hasil Cu2O.

Uji Barfoed sampel tepung dan pati umbi ganyong

Pada uji ini menghasilkan endapan merah bata yang menandakan adanya gula pereduksi pada sampel. Endapan yang terbentuk dapat berwarna hijau, kuning atau merah bata tergantung pada konsentrasi gula reduksinya. semakin berwarna merah bata maka gula reduksinya semakin banyak.

Hasil uji benedict sampel tapung dan pati umbi ganyong

Prinsip dari uji ini adalah dehidrasi fruktosa oleh HCl pekat menghasilkan hidroksimetilfurfural dengan penambahan resorsinol akan mengalami kondensasi membentuk kompleks berwarna merah oranye. Uji ini didasarkan pada fakta bahwa ketika dipanaskan, ketosa lebih cepat terdehidrasi daripada aldosa. Fruktosa dan sukrosa merupakan dua jenis gula yang memberikan uji positif.

Uji seliwanofsampel tepung dan pati umbi ganyong

PPT


Share with your friends

Give us your opinion

Bijaklah dalam Memberikan Komentar !

Notifikasi
Belum ada notififikasi terbaru.
Done