Ebook Fakta Unik Sains&Teknologi Berbasis Alquran - Kimia dan Pendidikan
News Update
Loading...

Tuesday 2 January 2018

Ebook Fakta Unik Sains&Teknologi Berbasis Alquran

Ebook Fakta Unik Sains dan Teknologi berbasis Alquran
Ebook ini membahas tentang fakta-fakta unik dan menakjubkan yang terdapat dalam As-sunnah (Al-Quran) yang tentu sangat rasional menurut ilmu sains akan keterkaitan keduanya. Buku ini juga membahas tentang tokoh-tokoh islam dan seputar teknologi. Sangat cocok dengan visi misi blog ini.

1. 99 Fakta Menakjubkan dalam Al-Quran

        Ebook ini membahas tentang fakta-fakta menakjubkan yang terdapat dalam As-sunnah (Al-Quran) yang tentu sangat rasional menurut ilmu sains.


Pendahuluan oleh penulis asli buku ini.
Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âli sayyidinâ Muhammad ...
     Firman Allah, Kami akan memperlihatkan kepada mereka tandatanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (QS Fushshilat [41]: 53).
   Allah memperlihatkan tanda-tanda kekuasaan-Nya di setiap lini kehidupan. Dalam setiap titik di dunia ini, manusia akan melihat betapa Allah Mahakuasa, Maha Pencipta, Mahasempurna, dan segala maha. Tanda-tanda kekuasaan-Nya akan membuat para hamba tersungkur menangis menyatakan betapa kuasa Dia. Kita hanya manusia fana nan dhaif yang tak bisa apa-apa, kecuali atas ke hendak-Nya. Para hamba Allah, ulul albâb, pemikir yang beriman yang memikirkan alam semesta, keindahan, kehebatan, dan ke me gah annya, untuk kemudian berada pada satu titik pikir bahwa Allah begitu berkuasa. Titik pikir ini yang menjadikan manusia yang beriman, yang hatinya hidup, akan semakin hidup. Sesuatu yang syahdu di kalbu, hangat, terang yang menggeliatkan seluruh sel di tubuh kehidupan, yang kemudian berwujud iman. Iman yang di landasi ilmu. Iman yang tiada sembarangan dianugerahkan Allah kepada seseorang, kecuali kepada orang beruntung yang mau mencarinya.
     Firman Allah, Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya ber kata), Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka” (QS Âli ‘Imrân [3]: 190-191).
       Para pemikir yang beriman melihat segala fe no mena yang ada di dunia ini akan bermuara pada satu hal, yaitu bahwa Allah adalah Sang Maha; Mahakuasa, Maha Pencipta, Maha Berilmu, dan semua maha. Kemudian kesadaran diri terbentuk. Apa yang dilihat, didengar, diselidiki menjadikannya tahu adalah Allah Sang Maha yang akan men jadikannya semakin kukuh dalam iman. Lalu, semakin tekun da lam ber ibadah kepada-Nya.
      Seorang mukmin diharuskan memikirkan ciptaan Allah. Firman Allah, Dan Kami turunkan Al-Dzikr (Al-Quran) kepadamu, agar engkau menerangkan kepada manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan agar mereka memikirkan (QS Al-Nahl [16]: 44).
     Kitab (Al-Quran) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran. (QS Shâd [38]: 29)
      Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. (QS Al-Rûm [30]: 8)
   Dengan berpikir, manusia akan “menemukan” Allah dan semakin menyadari eksistensi hidup di dunia ini. Seperti irman Allah, Aku tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan agar beribadah kepada-Ku (QS Al-Dzâriyât [51]: 56).
       Pada naskah 99 Fakta Menakjubkan dalam Al-Quran ini tercantum hal-hal yang bi sa kita pikirkan tentang alam semesta dan diri kita sendiri. Ilmu pengetahuan sejalan dengan isi Al-Quran. Tak ada yang akan menampiknya karena Al-Quran berasal dari Allah, alam semesta berasal dari Allah, maka segala ilmu pengetahuan, pe nemuan mutakhir, tak akan bisa lepas begitu saja dari kebenaran Al-Quran.
     Dulu, kebenaran ayat-ayat Allah tidak dibuktikan secara ilmiah, para sahabat dan orang-orang saleh berkata, “Sami‘nâ wa atha‘ nâ” (Kami dengar dan kami patuh). Lalu penulis bayangkan, “Apa lagi jika mereka melihat dan mendengar pe ne litian-penelitian yang dilakukan para ilmuwan zaman ini yang tidak bertentangan sedikit pun dengan Al-Quran, ya.” Orang-orang saleh itu tentu bersimbah air mata me ngingat kebesaran Rabb-nya.
       Sebuah ironi, pun mungkin untuk penulis sendiri (semoga tidak), jika apa yang tertulis di buku ini belum bisa menggerakkan keimanan ke derajat orang-orang saleh di zaman nurbuat dan tabi‘in. Namun, paling tidak, apa yang tertulis di sini menggerakkan keimanan kita menuju arah yang lebih baik.
       Penulis berharap isi buku ini juga menggerakkan orang-orang yang mungkin belum beriman, yang bahkan menanyakan eksistensi Allah, kebenaran surga, neraka, Al-Quran, dan agama (al-dîn). Semoga dengan adanya bu ku ini bisa membuat iman yang sudah di titipkan Allah kepa da ma nusia di alam ruh, kembali menggeliat menemukan muara kesejukannya. Amin.
       Naskah ini dibuat penulis dengan menyandingkan ayat-ayat Allah dalam Al-Quran dan di alam semesta. Ayat-ayat Allah di alam semesta adalah objek pemikiran yang bisa di gu nakan untuk meyakinkan orang-orang yang belum yakin. Apa yang ada di antara keduanya (ayat-ayat dalam Al-Quran dan alam semesta) tak ada pertentangan.
        Ilmu Allah adalah benar. Al-Quran dan Rasul pe nyampai Al-Quran adalah haq (benar). Maka, siapa yang berani me nyang sikannya? Isi naskah ini dipilah sesuai bidangnya, seperti sejarah, psikologi dan isiologi, biologi, isika, geograi, sosial, makanan dan gizi, dan astronomi.
        Tentu saja naskah ini memiliki keterbatasan. Ilmu dalam Al-Quran dan ilmu yang terhampar di alam semesta tak mungkin bisa dimuat dalam satu naskah. Bahkan, jika seluruh pohon di dunia ini dijadikan kertas dan lautan menjadi tintanya, tak akan bisa mendeskripsikan apa yang jadi kuasa Allah. Tentu saja. Pun seorang manusia seperti penulis. Terbatas isik, ruh, dan akal. Hanya dengan segala pertolongan Allah-lah nas kah ini bisa tersajikan ke hadapan pembaca sekalian.
       Akhir kata, selamat menelaah dan memikirkannya. Semoga pembaca bisa seperti apa yang penulis harapkan. Bergerak untuk memenuhi rindu iman, yaitu menjadi hamba Allah yang semakin baik dan saleh.

Berikut link download bukunya.



2. Kumpulan Fakta Unik
      Ebook kumpulan fakta unik ini dikarang oleh Yulius Haflan di mana dalam buku ini membahas seputar fakta-fakta unik termasuk mengenai kimia, sains, teknologi, islami dan sebagainya. Berikut daftar isi ebook fakta unik lengkap.


Berikut link download ebook

Share with your friends

Give us your opinion

Bijaklah dalam Memberikan Komentar !

Notifikasi
Belum ada notififikasi terbaru.
Done