media macroflash pada materi HNMR teori&instrumentasi - Kimia dan Pendidikan
News Update
Loading...

Sunday 10 December 2017

media macroflash pada materi HNMR teori&instrumentasi

Media Interaktif berbasis macroflash pada pembelajaran HNMR

HNMR
       Hydrogen Nuclear Magnetic Resonance atau lebih dikenal dengan istilah HNMR adalah suatu metode analisis kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis suatu senyawa baik berupa struktur dari komponen alami dan sintetik yang baru, kemurnian dari komponen, dan arah reaksi kimia sebagaimana hubungan komponen dalam larutan yang dapat mengalami reaksi kimia berdasarkan penyerapan energi oleh partikel yang sedang berputar di dalam medan magnet yang kuat. Pada umumnya metode ini berguna sekali untuk mengidentifikasi struktur senyawa / rumus bangun molekul senyawa organik. Jumlah dan tempat proton dalam molekul senyawa organik menentukan bentuk spektrum yang dihasilkan.Energi yang dipakai dalam pengukuran dengan metode ini berada pada daerah gelombang radio 75-0,5 m atau pada frekuensi 4-600 MHz, yang bergantung pada jenis inti yang diukurnya, NMR bermacam-macam ragamnya, misalnya NMR 1H, 13C, 19F.

       HNMR ini juga memiliki prinsip kerja, instrumentasi dan teknik, preparasi sampel, pergeseran kimia dan perlindungan yang jelas sehingga lebih memudahkan mahasiswa untuk mengetahui cara kerja dan instrumentasi dari alat HNMR ini tentunya dengan mengetahui teorinya. Media macroflash untuk materi ini juga dilengkapi dengan soal dan quiz.

Untuk mendownload media flash dalam format html, chemister boleh mengunjungi situs resminya di http://www.chem.ualberta.ca/~orglabtutorials/Interactive%20Tutorials/hnmr/HNMRmain.html

Sedikit tips untuk menjalankan media flash

Untuk file swf (dibuka melalui macromedia flash atau gomplayer atau sejenisnya), caranya : 
1. Pastikan semua file media flash terdownload, untuk mendownloadnya klik saja link berikut.
2. Ekstraks dulu menggunakan winrar, winzip atau sejenisnya sehingga nantinya akan ada 4 file format swf, "buka yang HNMRmain.swf dan filenya sudah bisa dibuka".
Untuk file html (dibuka via browser, seperti google chrome, firefox dan sebagainya)
1. Buka situs http://www.chem.ualberta.ca/~orglabtutorials/Interactive%20Tutorials/hnmr/HNMRmain.html
2. Klik "izinkan untuk menjalankan flash"
3. web ini hanya support menggunakan dekstop / pc (android belum support)


Sebelum mendownload media flash, maka ada bagusnya mengenal sedikit banyak tentang definisi, prinsip, cara kerja, dan instrumentasi NMR, baru setelah itu menggunakan media flash. Klik link biru ini untuk mendownload dokumen NMR.

Share with your friends

Give us your opinion

Bijaklah dalam Memberikan Komentar !

Notifikasi
Belum ada notififikasi terbaru.
Done